Enam cara membuat orang lain menyukai Anda

Enam cara membuat orang lain menyukai Anda

by: Yusrizal, S.pd.

imagesDale carnegie, seorang tokoh asal Amerika Serikat, dalam bukunya yang berjudul How to win friends and inluence people, mengemukakan ada enam cara untuk membuat orang lain menyukai diri kita, yaitu :

1. Sungguh-sungguh berminat terhadap orang lain.

Cara pertama membuat orang lain menyukai kita adalah dengan menunjukkan minat terhadap orang lain. Berminat terhadap orang lain dapat berarti suka bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. Hal ini berkaitan erat dengan tingkat kecerdasan sosial yang kita miliki. Semakin baik kecerdasan sosial yang kita miliki, akan memudahkan kita untuk bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. Hal inilah nantinya yang akan membuat orang lain tersebut menyenangi diri kita. Selain itu, kita akan mendapatkan lebih banyak kawan dalam waktu 2 bulan dengan cara menjadi tertarik pada orang lain dibandingkan dengan yang kita peroleh dalam waktu 2 tahun dengan cara mengusahakan orang lain tertarik pada anda.

2. Tersenyumlah

Prof. James V. Mc Connell, seorang psikolog dari Michigan pernah berkata: “Orang yang tersenyum, cenderung mampu mengatasi, mengajar dan menjual dengan lebih efektif dan membesarkan anak-anak yang lebih bahagia”. Pembaca yang budiman, dengan tersenyum kepada orang yang kita jumpai, menunjukkan bahwa kita senang berjumpa dengan dia. Senyuman yang tulus bermakna bahwa kita sedang merasa senang. Dan rasa senang merupakan salah satu bentuk emosi positif yang dapat kita “tularkan” kepada orang lain. Kondisi yang menyenangkan inilah yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan lebih baik.

Nah, bagaimana kalau pada saat itu kita tengah mendapatkan masalah? Paksakan diri untuk tersenyum. Latihlah diri kita untuk mampu tersenyum bagaimanapun masalah menghimpit kita. Dengan memaksakan diri untuk tersenyum, akan mampu mengurangi rasa kesal/marah/sedih yang timbul karena adanya masalah.

Penulis tertarik dengan sebuah pepatah Cina kuno yang mengatakan: “Seseorang tanpa wajah tersenyum tidak boleh membuka toko”. Apa makna dari pepatah tersebut? Ya…. Senyuman yang diberikan oleh pelayan toko, akan membuat pembeli merasa senang untuk belanja di toko tersebut yang pada gilirannya nanti akan menjadi pelanggan setia. Makna yang lebih luas adalah dengan tersenyum kepada seseorang akan membuat orang tersebut menyukai kita dan segala hal yang berhubungan dengan kita(termasuk usaha kita)

3. Ingatlah nama seseorang

Yakinkah pembaca bahwa rata-rata orang menaruh minat kepada namanya sendiri dari pada nama orang lain di dunia ini? Oleh sebab itu, agar kita disenangi oleh orang lain maka kita perlu menyebut nama orang tersebut ketika bertemu dengannya. Ingatlah dengan baik nama orang itu, dan panggil nama itu dengan nada yang bersahabat. Jika hal itu sudah dilakukan, maka berarti kita sudah memberikan pujian kepadanya.

Hati-hati, jangan sampai salah menyebut nama seseorang, karena hal itu akan menimbulkan rasa yang kurang enak dihati orang yang punya nama. Kita juga tidak boleh lupa dengan nama seseorang yang pernah kita temui. Hal ini memang sulit dilakukan. Bisa jadi karena kita jarang bertemu, atau baru ketemu sekali dengan rentang waktu yang lama. Bisa juga disebabkan karena kita tidak meluangkan waktu, energi dan konsentrasi untuk mengingat nama seseorang. Oleh sebab itu, agar kita disenangi oleh orang lain, mari kita berlatih untuk mengingat nama seseorang. Ingatlah:”nama mempunyai keajaiban dan merupakan milik orang itu”.

4. Jadilah pendengar yang baik.

Allah SWT menciptakan manusia dengan satu mulut dan dua telinga. Hal ini berarti kita diminta untuk lebih banyak mendengar daripada berbicara. Menjadi pendengar yang baik. Orang lebih suka kepada pendengar yang baik daripada pembicara yang baik. Menjadi pendengar yang baik merupakan suatu keterampilan dan kemampuan yang jarang dan susah untuk dimiliki.

Dale carnegie mengingatkan bahwa: “ orang yang menjadi lawan bicara anda seratus kali lebih tertarik dengan diri mereka, keinginan, masalah mereka dibandingkan dengan minat mereka pada anda dan masalah anda

Oleh sebab itu, kita perlu mempelajari dan memiliki keterampilan menjadi pendengar yang baik. InyaAllah, penulis akan mencoba menulis hal tersebut diwaktu mendatang.

5. Bicarakan minat-minat orang lain

Sebagaimana yang telah dikemukakan diatas, bahwa orang lebih suka dan tertarik untuk membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan dirinya. Salah satunya adalah minat yang dimilikinya. Jika anda mengetahui bahwa orang yang menjadi lawan bicara anda menyukai masalah politik, ajaklah dia berbicara tentang situasi politik yang sedang berjalan. Tunjukkan kepadanya bahwa anda juga berminat terhadap masalah politik dengan memberikan berbagai tanggapan. Doronglah dia untuk berbicara lebih jauh tentang hal tersebut, sehingga menimbulkan semangat dalam diri mereka.

Adanya semangat untuk berbicara dengan kita, serta keinginan kita untuk membicarakan hal-hal yang menjadi minatnya itulah yang nantinya membuat dia menyenangi kita. Dia merasa nyaman dan enak bergaul dengan kita.

6. Buat orang lain merasa penting

Cara terakhir yang dikemukakan oleh Carnegie adalah buat seseorang merasa dirinya penting. Apabila kita hanya mementingkan diri sendiri, sehingga tidak mampu memberikan perhatian dan  penghargaan kepada orang lain, kita akan menemui kegagalan. Merasa diri kita orang penting dan menggangap remeh orang lain bukanlah suatu sikap yang terpuji. Hal itu akan menyebabkan kebencian terhadap diri kita. Orang akan cenderung menjauhi kita.

Oleh sebab itu buatlah orang lain merasakan dirinya penting dan berguna bagi orang lain, khususnya bagi kita. Dengan demikian orang tersebut akan merasa dihargai dan diperhatikan. sebuah  kalimat bijak pernah dilontarkan oleh Ralph Waldo Emerson, seorang penyair dari Amerika Serikat: “setiap orang yang saya jumpai adalah lebih baik dari saya dalam beberapa hal. Dalam hal tersebutlah, saya belajar darinya”.

Demikianlah enam cara yang dapat kita gunakan agar orang lain menyukai kita. Agar keenam cara tersebut dapat kita miliki dan menjadi suatu kemampuan bagi kita, maka marilah kita berlatih dan membiasakan diri untuk melaksanakan keenam cara tersebut. InyaAllah, orang lain akan menyukai Anda!

Referensi: Dale carnegie: How to win friends and influence people

About these ads

87 Comments

  1. 6 cara yg sangad baik..
    tapi alangkah lebih baiknya klo kita bisa lebih maw memperkenalkan sapa diri kita agar dy lebih mengenal sapa diri kita .
    dengan begitu dy pasti lebih menyukai kita ,
    knapa?
    karna edi awal saja kita sudah jujur dngan dy.
    itu satu nilai plus untuk diri kita sendiri.

  2. Munkin aku rasa, aku adlah orang yg senang brgaul, dan suka banyak teman, dan yg palng penting bagi aku bagaimana orng lain bs senang, dan aku bs slalu ada buat orang lain, dan menjadi yang terbaik untuk semua orng. Smoga saja dengan mencoba trik yang sobat posting, aku bs menjadi yg lebih baik untuk smua orang..

  3. Terima kasih atas komentarnya semua.. @ polin: kayaknya belum ada tuh. tapi yang penting kan isinya bukan edisinya.
    @lucky: barangkali bukan berusaha merebut sahabat, tetapi ingin menambah sahabat. kenapa gak dicoba bersahabat juga dengan teman lain itu???

  4. entah knapa akhir2 ini aq menjadi seseorg yg pendiam, padahal biasanya aq tuh byk bgt bicara baik sm org yg q kenal maupun baru kenal bahkan kadang2 org yg tak q kenal pasti slalu ku ajak bicara? aq gak tau kenapa pokoknya semenjak aq masuk sma aq jadi minder dan gak percaya diri sehingga q jadi byk diam……. kira2 gmana ya menghadapi situasi seperti ni? blz ya

    • Makasih ya, sudah meninggalkan kesannya. Yang jelas, harus tau dulu, kenapa Ririn bisa berubah. Pasti ada sebabnya. Cari penyebabnya itu. Jika penyebabnya merupakan suatu masalah, ya mau tak mau Ririn harus menyelesaikannya dulu. jangan lari dari masalah, tapi atasi masalah itu. Atau memang Ririn yang mau merubah kepribadian dari “cerewet” menjadi “kalem”. Itu pilihan Ririn sepenuhnya. Ingat, lebih baik menjadi diri sendiri apa adanya, dari pada menjadi diri yang kamuflase. Sukses selalu.

  5. thx atas bacaan ny….
    sy pernah membaca beberapa buku yg jga membahas hal di atas,
    namun sy sadar bahwa membaca 1-2 x saja ternyata tidak cukup.
    karna setiap x kita membaca, kita akan merasakan hal yg berbeda…
    semoga tmn2 dapat smakin di senengin org2…
    n penulis jg bs memberi banyak bacaan spt di atas, yg saya yakini dapat membantu banyak orang seperti saya,….
    thx alot…..
    moga sukses slalu ya….

  6. sy sri :
    sy mau nanya nich, sy wktu SMP thu, qlw mau blg bhsa ingggrs thu lumayan bisa yach ,tpi k0 stlh k SMA, k0 gk bs gt l0h,
    gk tau , gk spertii ky SMP dlu, nich smpe skrg uda di bangku kulia jg ky gini” juga…
    gk tau bhsa inggrss…
    trss ssh brdaptasi….
    qlw ad yg ng0mong thu, sy sich mau ngomong juga, tpi ko rasa takutt gk nyambung in yg sllu menghantuii sy..
    ap yach sbbx, ?
    dan Gmn yach solusix ?
    tl0ng saya d0nk….

    • alo srisami..sy coba bantu y..sy jg pernah mengalami hal yang sama dan banyak juga teman2 saya mengalami hal serupa wlw beda kasus tp sama, jadi srisami tenang aja yh..srisami gak sendirian hehe :) ini hal biasa, jangan terlalu dipikirkan,sip?
      saya sering merasa gak pede jg. namun akhir nya saya sadar bahwa ini semua terjadi karena trauma kita masa lalu. mungkin srisami pernah mengalami ejekan teman2.cm srisami lupa. namun hal ini terekam di alam bawah srisami. alam bawah sadar ini besar pengaruh nya mengendalikan kehidupan kita lo.menurut romy rafael alam bawah sadar/perasaan kekuatan nya 88% sedangkan pikiran/sadar 22%.
      didalam alam bawah sadar ini lah segala memori kita tersimpan. klo srisami terus2an memikirkan nya.yah itu lah yang akan terjadi di kehidupan srisami. perasaan&pikiran adalah doa lo.berupa energi.semua kehidupan kita ini terbuat dri bahan yang sama yaitu energi vibrasi.termasuk perasaan.dan saling mempengaruhi satu sama lain. jadi hati2 menggunakan perasaan,kalo negatif hindari&segera lupakan. dalam masalah ini srisami harus menghadapi nya.cari aktivitas dan atasi dengan belajar dan latihan.hancur kan kelemahan srisami tsb dgn tekun belajar b.inggris dan tetap enjoy. ilmu itu nikmat. jgn biarkan orang lain atau diri kita sendiri meremehkan/menjatuhkan diri kita sendiri.kita jauh lebih baik dari pada itu.sangat baik. kita gak pede di sebabkan oleh persepsi kita sendiri aj,yang mengatakan orang lain lebih baik dari kita. buang ini segera, jgn lakukan itu terhadap diri kita sendiri.klo bukan kita sapa lagi.ganti dengan kata2″aku lebih baik dari orang lain.klo orang lain bisa kenapa aku gak bisa,aku pasti bisa.orang lain punya tangan dan kaki,aku juga punya,orang lain punya mulut aku juga punya,orang lain punya otak aku juga punya,kenapa aku harus takut?mereka hanya orang biasa sama seperti aku jg. gk ada alasan lg bagi ku untuk takut&tidak pede lagi.kita semua sama.orang biasa.cm seonggok daging bermata..hehe..aku harus belajar dan aku yakin ak pasti jauh lebih dari mereka.aku akan belajar.lebih baik dan lebih baik. ini lah yg akan aku lakukan”

      nah..hati2 juga cari teman.teman yang baik selalu menerima srisami apa ada nya.dan selalu mendukung srisami,bukan sebalik nya.
      ingat firman allah dalam alquran “manusia itu adalah makhluk sebaik-baik ciptaan nya”.nah ini berarti srisami saya atau siapapun kita jauh lebih baik dari malaikat dan jin.
      terus kenapa kita banyak melakukan kesalahan, itu karena diri kita sendiri lah yg suka mengurangi kadar fitrah/sempurna tersebut melalui asupan2 perasangka2negatif&jelak baik dari orang lain,sekolah,media,tv,teman,atau diri kita sendiri.
      mdh2an bs membantu, mohon maaf klo krg atau klo ada salah2kata. saya cm ingin berbagi pengalaman saya aj.dengan cara ini saya bisa dapat 8x prestasi yang sebelum nya saya tidak mampu/pede melakukan nya.inti nya jangan dengarkan asupan&persepsi jelek, hadapi kelemahan dengan belajar&latihan,dan ingat kata allah kita makhluk hebat.salam

  7. bguz toh, bnyak kt2 yg bsa d cerna, tp ku ag da prblem dngan shbat ku, karna shbat ku tdk pernah memberi perhatian sdikit pun dnganku, malah ku yg slalu memberi perhatian, tp tdak d bri blazan taz smua yg ku lakukan, thankz

  8. saya udah pts asa,mgkn memang msh blum maksimal apa yang sya lakukan.
    ap saya yang salah,atau memang org yg saya hadapi berhati batu.walaupun udah tulus tersenyum dan pnya mksd baek…tetap aj dia merespon dingin.

  9. Esensi nya adalah ikhlas, dari dalam lubuk hati bkn dari pikiran kita tapi lebih kepada rasa yg tersimpan di dalam alam bawah sadar. dgn ikhlas, hal2 tersebut di atas serta kebaikan2 lain nya (fitrah manusia) akan datang dgn sendiri nya tanpa kita sadari.mengalir seperti air. tanpa kita harus berpikir dan mengingat2.
    spt yang kita ketahui agama kita terutama islam sudah mengajar kan semua nya dengan lengkaaap. spt yg kita ketahui jg, semua nabi2 kita merupakan manusia2 paling mega2superduper master terhadap ilmu ini.hehe..
    cm sayang nya selama kita belajar d sekolah formal, kita hnya di ajarkan tentang kisah kehidupan para nabi doank, hanya kisah bagaimana ikhlas nya para nabi2saat berhadapan dgn kaum kafir.ikhlas&kasih sayang nya kepada umat nya dan allah. dan kita di wajibkan untuk meniru sifat2 nabi itu, sedangkan kita sendiri tidak tahu apa itu sejati nya ikhlas.hakikat ikhlas.slm ini ikhlas di ajarkan hanya dalam bentuk teori&penjelasan, bukan dalam bentuk “pengalaman rasa”.kita tdk di ajarkan bgmn cara2 nya, langkah2nya, teknik2 nya agar kita bisa membangkit kan pengalaman rasa tsb sehingga kita bs mengerti..”Oo…begini toh rs ikhlas itu”,kalau ada teknik/sistem untuk menemukan rasa itu kan kita jadi mampu melatih&dan melatih nya lagi lebih lanjut dlm kehidupan sehari2 sehingga kita bs menjadi master dan mega master spt nabi .hehe..tapi sayang nya selama ini tidak ada, cm teori belaka. kita hanya tahu ikhlas perbuatan baik,tapi esensi dan rasa ikhlas tsb kita tidak tahu. kbanyakan dari kita kebingungan termasuk saya jg.he..ikhlas malah dikait2kan dengan sekedar nya aja..misal nya sering saya mendengar kata2 seperti “sedekah sekedar nya aj la..gk perlu banyak”yg penting ikhlas….hm??? memangnya kita tahu ikhlas itu apa?

    selama ini kita hanya meniru&menghapal kata2di buku, termasuk saya jg xixixixi, tanpa ada pondasi ny yang kokoh(ikhlas) sbg penompang atau bahan bakar nya lah he…yang akhir nya justru kepala kita jadi pusing, di sebabkan terjadi nya bentrokan/tidak balance nya antara pikiran dan perasaan. misal nya kita di ajarkan untuk senyum,sedekah dll. namun fakta nya perasaan kita menolak untuk senyum sedangkan pikiran kita memaksa utk senyum.karena tidak balance inilah akhir nya kita malah jd dongkol sndiri,stress, ujung2nya tidak ikhlas&amal pun hilang.intinya semakin pikiran kita teriak senyum,semakin besar pula alam bawah sadar/perasaan kita menolak untuk senyum. coba kita katakan pada diri kita sendiri “jgn bayang kan kucing hitam” apa yang kita bayang kan?hehe…
    menurut romy rafael (yang saya lihat d tv), kata nya kekuatan perasaan/alam bawah sadar itu jauh lebih besar dari pikiran.yaitu 88% sdgkan pikiran 22%. nah coba bayangkan lebih besar perasaan menolak dari pada iya kan?hehe..inilah penyebab kenapa manusia banyak yg stesss.karena tidak balance nya pikiran dan perasaan.tidak ikhlas dan tidak bersyukur kepada allah.

    jadi bagaimana cara nya..kita pahami apa itu hakikat ikhlas dan rasa nya.
    ikhlas hanya untuk allah.melakukan kegiatan apapun hanya untuk mendapatkan ridho allah. bukan untuk lain nya (maksud nya bukan untuk ciptaan nya allah,seperti untuk mendapatkan pujian manusia, perhatian orang lain atau harta) tapi semata2 allah. fokus kita harus keluar dari “dimensi ciptaan nya ini” fokus(bkn kosentrasi) kita hanya untuk nya,allah yang maha besar. yang menciptakan rasa kita ini, hati kita ini, pikiran kita semua2nya.fokus lah pada kebesaran2 nya. pasrah pada nya,kita kerjakan apa yang dia minta,dan tinggal kan larangan nya, dan allah pun akan kabul kan apa pun yang kita minta.balance kan..
    klo kita mampu melakukannya..insyallah sprti yang di JANJI kan nya,kita selamat dunia akhirat.selamat dari perbuatan buruk dan gangguan setan hidup terasa bahagia,balance, penuh mengalir deras kebaikan,senyum,ramah,empati,dll,bahkan rezeki tak terduga pun muncul tb2.aura orang2yg BENAR2ikhlas kpd allah benar2positif walau kita hanya melihat nya dari jauh.
    memang ikhlas bukan hal yang mudah untuk di pelajari,walau kita tahu apa itu hakikat ikhlas namun kita tetap harus melatih nya setiap saat,berlatih dan berlatih. mungkin analogi nya sama seperti kita belajar naik sepeda,di awal2kita belajar pasti kita bolak/ik jatuh namun akhir nya setelah kita bisa, kita tidak akan bisa melupakan nya walau bertahun2 sxpun kita tdk bersepeda.amin.

    saya punya satu buku bagus, referensi saya dalam belajar dasar ikhlas.judul nya quantum ikhlas karya erbe sentanu. buku ini benar2 membuka mata hati saya mengenai apa itu ikhlas sebenar nya, apa itu iman sejati ,apa itu doa,apa itu arti hidup&kebahagiaan. dan satu lagi buku berguru sama allah karya abu sangkan buku ini sangat bagus sekali menerang kan cara kita mendekat kan diri kpd allah sedekat dekat nya sehingga terasa seperti aktivitas yang nikmat. mudah2kita semua bisa menjadi orang2saleh,orang yang di ridhoi nya,dan orang yang ikhlas berserah diri kepada nya. amin y allah. mohon maaf klo ada salah2kata. sy juga masih belajar,,,he..salam.

  10. alhmdulillah sy punya semua buku karya dale carnegie juga pnya karya penulis2lain nya yang saya beli di gramedia , buku ini memang bagus sx menjelas kan bagaimana cara kita berhubungan dengan orang lain seperti yang di telah kutip sedikit dari buku tersebut di atas oleh mas yusrizal. terima kasih mas sudah sudah mau mengupas nya.

    namun setelah 3thn memperaktek kan nya (ini hanya pengalaman pribadi saya aj gk da maksud apa2,maaf), saya tetap merasa ada yang kurang di dalam hidup ini. saya merasakan kurang nya kenikmatan yang lebih dalam dalam hubungan, rasa spt rasa plong,lepas,lebih sadar,bebas,ngeh, dan juga saya ingin sekali punya perasaan mencintai allah,orang lain atau alam lebih dalam tanpa ada paksaan, aturan2, faktor2. perasaan yang lebih mengalir dengan sendiri nya tanpa kita sadari dan kita pikirkan.
    misal nya pada satu kesempatan saya ingin tersenyum atau empati pada orang lain, kita tahu bahwa sifat ini akan membuat hati orang lain akan menjadi senang. tapi apa yg terjadi bila kondisi hati kita pada saat itu berada pada pd zona nafsu (marah,dendam,benci,iri) alias hati kita ini tidak berada pada zona ikhlas(sabar tenang,penuh kasih sayang) namun kita paksakan juga tersenyum? ap yg akan terjadi..??mgkin kita semua tahu apa yang akan terjadi.yang pasti terjadi bathin kita jadi tersiksa semakin kita paksa kan semakin kita tertekan..kita jadi stres, orang yang kita beri senyuman pun tau bahwa senyuman kita itu palsu(tidak ikhlas).stres pun terjadi karena tidak balance nya antara pikiran dan perasaan nya kita.nafsu lebih mendominasi dari pada ikhlas.kalau ini terus2an kita lakukan bisa berbahaya sekali bagi kesehatan kita dan juga hubungan itu sendiri.

    ternyata memang ada satu element penting lain nya dalam kehidupan kita ini yang wajib dan perlu kita pelajari dan harus kita latih dan terus menerus di latih.dan element ini juga lah selalu di ajar kan nabi besar muhammad SAW&juga ALQURAN karya allaH SWT yaitu ikhlas.

    seperti yang kita ketahui dari ikhlas sejatilah inilah..apapun yang akan kita lakukan akan selalu mendapat kan pahala dan di ridho oleh allah SWT. dari ikhlas ini juga lah akan lahir sifat2 kebaikkan lain nya seperti sifat rasa syukur,sabar,tawadhu,tenang, penyayang&penuh kasih ,empati/memahami dan mengerti jln pikiran&perasaan orang lain,tidak ego,dll mengalir dengan deras dengan sendiri nya.
    & ternyata agama kita sudah mengajar kan ini semua jauh lebih lengkap dan lebih tuntas..tas..tas..he..tapi sayang selama ini saya tidak ngeh…dan menjauh kan nya..malah sy lebih senang buku2 luar.hmh..

    inti nya dengan ikhlas tidak akan adalagi masalah..loh kok bs?dengan ikhlas berarti kita sudah menyerah kan semua masalah kita pada allah dengan yakin bahwa allah akan menuntas kan nya.(dia tuhan,dia yang mencipta kan semua nya knp kita ragu?) yang kita lakukan adalah lakukan apa yang allah minta dari kita, dan allah akan memberikan apa yang kita minta. simple :)

    dalam surat albaqarah:186 aku dekat….aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa kepada ku.
    doa yang bagaimana kah itu ? doa yang ikhlas yang datang dari lubuk hati kita dan betul2berserah kepada allah sepenuh nya tanpa ragu sedikit pun.klo ragu walaupun sedikit berarti kita belumlah ikhlas.kita masih ada di zona nafsu.

    begitulah ikhlas sangat penting dalam kehidupan kita di dunia dan akhirat. pondasi dari hubungan kita kepada allah SWT dan hubungan kita kepada manusia.saya menyebut nya sebagai bahan bakar nya aktivitas ..wkwkwk.

    kombinasi dari buku quantum ikhlas dan buku dale carnegie wow…dahsyat. tapi saya menyarankan juga baca buku islam2 lain nya seperti jagalah hati karya aa gym sangat paten. dan buku2lain nya.
    ini hanya sekedar curhat pengalaman saya aja, gk ada maksud apa2.moga bisa bs memberikan manfaat. klo tidak juga gak apa2. mohon maaf klo ada salah kata2 yah. saya hanya manusia biasa:p

    salam.

  11. Bagaimana cara pak ….???
    Άќú udah berusaha baik p mereka ​Ƭɑί buktinya mereka masi saja …..egga ŤåƱ Άќú harus bilang ap pak……..
    Ɣġ Άќú mau tnya gmna cara biar mereka bisa ngerti dgn perasaan Άќú ɪ̣̝̇п̥̥ɪ̣̝̇ …
    Padahal Άќú ɪ̣̝̇п̥̥ɪ̣̝̇ egga PernAh buat kesalahan apapun pada mereka.tpi mereka itu lapurin Άќú dari belakan ama atasan Άќú Ɣġ jatuh2hin Άќú …..padahal Άќú sendiri merasa egga pernah bekin salah ama mereka…ap Ɣġ Άќú harus perbuat pak…………mohon. Petunjuk ¥άάÄ˚°º pak.

  12. Bener jugha sihh….tapi kenyataanya susah untuk beradaptasi terhadap lingkungan…dan orang2 baru untuk bahan pembicaraan..dan takutnya jugha kalau teman itu memanfaatkan pribadi kita… ..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´¨`.¸.<3HAHAHAHAHA<3¸…

  13. kalau aku sih punya 2 sahabat yg paling aku sayangi , dia sahabat aku sejak kecil hingga dewasa, meskipun banyak masalah yg kita bertiga hadapi tetapi kita selalu mendapat solusi yang baik,,mereka ada di saat suka maupun duka dan selalu support aku ,,,, my friends forever and ever

  14. huff…
    Aq prcy kalo ad kmasuk amerika
    tp,,,
    Ap iy org akn mnykai kt jka kt trsnyum?
    ” memang ”
    tp aq prnh mnyukai ssorg aq trsnyum pdany : )
    Tapi….. ,dy blg aq hny sok mnis dpn dy
    “Soc Cute”
    : (
    Gra2x dy abis prgi ke kota asal dy akhirny dy jd suka am cewe laen
    walo dy prnh suka am aq….
    y.. aq enqqa nqlrg sih tp knp dy itu mesti “DOUBLE”(jd enqqa suka am aq n Benci am aq)
    Smoga cewe thu engga kea aq..

  15. aslkm,saya terkadang jenuh dengan sifat teman kulyh apalgi dosen,seprtinya saya meras di remehkan,dan kalau kita banyak bertanya dan sedkit kritikan sama teman yang persentasi,malah kita di benci sama teman yang lain,terus yang membuat saya kadg jenuh menghdpi mslh ini,adlah dosen suka pilh kasih dlam menilai,saya membktkn sediri,bkn skdr fkrn negtf sya,sya pya tmn kelas dan tgsnya slu saya yg mngrjknnya tp ko nilainya sgt beda mslh bgsn dia,emang saya dgn dosen n mhswa lainnya beda suku/ras,apkah itu yng membuat dosen menilai bkn menilai dari kempuan,saya banyk ngomg dgn punya dasar dan teori,kesimpulannya kalau kita bnyk komentar kita di jauhkan oleh teman,kalau diam kita di senangi,dalam fkrnku sih sprtinya mereka tidk mau tersaingi.tlog ya untk ksh masukn buat saya,jstru itu yang membuat saya jenuh mhon sma teman-teman kasih masukan.kalau bisa balasanya di emailku trmksh

  16. bagaimana menghadapi situasi kelas yang suka ngegeng,,klo mainnya nggk sama gengnya nggak mau,,terus kalau saya masuk ke kelompok lain jadi kayak alien..nggak nyambung sama apa yang mereka omongin.

  17. kenapa ya smnjak saya pindah jurusan bru d arstek dg 2 perempuan n lainx laki2 di saat kuliah wkt smstr 2. ga ada yg brani dgan sya untk ngobrol ato brcnda layakx teman lainnya. sudah 2 tahun sperti itu. mereka hnya mau ngobrol dg saya jika lwt hp ato pun facebook/email. scra lgsung dkelas mreka tdk brani brbicara dg saya scr terang2an. kalopun dia membtuhkn saya & sya menjwab scra lgsung tdk di dengarkn. mlah dtggal. eh malah dia sms tanya2 yg tadi. itu saya harus gmana menyikapinya???

  18. aku sedih:(,knapasih temenku kok tiba tiba sombong aku sedih :( dia temenku sejak kecil tapi knapa dia sombong waktu aku gak masuk sekolah. dia ku sms gak di bls di telfon gak di angkat kenapa ya allah dia jadi sombong kaya gini aku masih sayang sma temen ku :)
    # untuk bila dari adel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s