Karakteristik Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Bag. 1)

Karakteristik Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Bag. 1)

Perbedaan cara atau teknik yang dipakai dalam penelitian disebabkan oleh adanya perbedaan cara memandang suatu masalah, dan perbedaan kerangka berpikir (paradigma). Sebagai akibat dari perbedaan paradigma itu, maka muncullah perlakuan yang berlainan dan bahkan bertentangan. Berikut gambaran karakteristik dari penelitian kuantitatif dan kualitatif, yang sekaligus menjadi perbedaan diantara keduanya.

  1. Penelitian kuantitatif disebut juga penelitan rasionalistik, fungional, positivisme, dan penelitan dengan pola pencarian kebenaran dari luar. Penelitian kualitatif disebut juga penelitian naturalistik, interpretatif, konstruktivis, naturalistik-etnografik, pendekatan fenomenologis dan penelitian dengan pola pencarian dari dalam.
  2. Penelitian kuantitatif mengisolasi variabel-variabel dan kemudian menghubungkannya dalam hipotesis. Selanjutnya menguji hipotesis itu dengan data yang dikumpulkan. Sebaliknya, penelitian kualitatif memulai kegiatannya dengan konsep-konsep yang sangat umum, kemudian selama penelitian, konsep-konsep yang sangat umum itu diubah-ubah dan direvisi sampai bertemu dengan kesimpulan yang sangat kuat. Dengan kata lain, variabel ditemukan dan dirumuskan kembali, bukan di awal.
  3. Dalam penelitian kuantitatif variabel-variabel menjadi alat atau komponen utama dalam melakukan analisis, sedangkan dalam kualitatif, variabel merupakan produk penelitian yang ditemukan kemudian.
  4. Dalam kegiatannya, penelitian kuantitatif memandang melalui lensa kecil, melihat dan memilih serta memperhatikannya hanya beberapa buah variabel saja. Sebaliknya, penelitian kualitatif menggunakan lensa besar dan menampak serta memperhatikan pola-pola saling berhubungan antara berbagai variabel yang sebelumnya belum pernah ditemukan. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan holistik, menyeluruh.
  5. Dalam pengumpulan data, penelitian kuantitatif menggunakan instrumen yang ditentukan terlebih dahulu, dan instrumennya sangat tidak fleksibel dan juga tidak reflektif yaitu tidak mengandung interpretasi. Penelitian kualitatif menjadikan peneliti sendiri sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data atau informasi. Peneliti diminta luwes dan mampu membuat atau memberikan pandangan sendiri atas hal-hal atau fenomena-fenomena yang dilihatnya.
  6. Penelitian kuantitatif menuntut jawaban yang pasti, jelas, tidak ambigu, dan oleh karena itu instrumen dalam bentuk kuesioner mungkin sangat tepat dalam pengumpulan data. Sebaliknya dalam penelitian kualitatif masalah penelitian tidak dapat di formulasikan secara jelas dan jawaban dari responden juga sangat kompleks, sehingga wawancara mendalam mungkin sangat efektif dalam pengumpulan data.
  7. Pada umumnya penelitian kuantitatif bermain dengan angka-angka, yaitu mengkuantifikasi sampel terhadap populasi, dan mengangkakan karakteristik variabel-variabel penelitian. Penelitian kualitatif tertarik dengan konsep-konsep, bukan berapa kalinya sesuatu.
  8. Penelitian kuantitatif kelihatannya dihubungan dengan ilmu-ilmu alamiah sehingga metode ini dianggap metode ilmiah, dan menganggap metode kualitatif yang tidak dihubungkan dengan ilmu-ilmu alamiah, tidak ilmiah.

Demikianlah delapan karakteristik dari penelitian kuantitatif dan kualitatif, yang juga merupakan perbedaan mendasar dari kedua jenis penelitian tersebut. InsyaAllah, penulis akan segera menambah postingan karakteristik dari penelitian kuantitatif dan kualitatif bag. 2.

Semoga dengan membaca postingan di atas, kita semua (khususnya yang akan meneliti atau sedang meneliti) mulai mampu membedakan antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif. Selamat meneliti!!

Sumber: Bahan Ajar Metode Penelitian Kualitatif (karangan: Prof. Drs. H. Agustiar Syah Nur, M.A.,Ed.D.)

About these ads

4 Comments

  1. assalamu’alaikum wrwb

    bang yusri,
    saya izin co-pas utk artikel ini bagian 1 & 2 ya..
    sebagai referensi utk tugas kuliah adik saya

    nanti, sumber referensinya akan saya ingatkan lagi ke adik saya, utk dicantumkan

    trims ya bang..
    semoga abang di rahmati Allah Ta’ala utk bisa terus berbagi ilmu yg bermanfaat.

    Amin ya rabbal’alamin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s