Membangun Kepercayaan Diri yang Tangguh

Membangun Kepercayaan Diri yang Tangguh

Pernahkan Anda mengalami grogi dalam pergaulan sehari-hari? Atau dengan kata lain kurang percaya diri (pede) dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar? Suatu kabar yang menggembirakan bahwa percaya diri dapat dipelajari dan dilatihkan sehingga dapat menjadi milik kita. Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara membangun kepercayaan diri yang tangguh?

Ada beberapa langkah yang dapat dijadikan pedoman dalam usaha membangun kepercayaan diri yang tangguh, yaitu:

1. Memperhatikan postur tubuh

Sikap duduk atau berdiri kita mengirimkan pesan tertentu pada orang-orang yang ada di sekeliling kita. Jika pesan tersebut, memancarkan rasa percaya diri, maka kita akan mendapatkan tanggapan positif dari orang lain. Hal ini tentu saja akan menambah rasa percaya diri kita sendiri

2. Bergaulah dengan orang yang memiliki rasa percaya diri dan berpikiran positif

Pepatah lama mengatakan, “berkawan dengan tukang ikan, kita akan mendapatkan bau amisnya, berkawan dengan penjual parfum, kita akan mendapatkan bau harumnya.” Barangkali pepatah tersebut juga perlu kita perhatikan dalam membangun rasa percaya diri. Bergaulah dengan orang-orang yang memiliki rasa percaya diri dan berpikiran positif, insyaAllah hal tersebut akan menular kepada kita. Mininal kita bisa bertanya atau berdialog tentang bagaimana mereka mampu memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Sebaliknya, jika kita bergaul dengan orang yang memiliki rasa rendah diri, pesimis dan pengeluh, maka sebesar apapun rasa percaya diri yang telah kita miliki, perlahan akan pudar dan terseret mengikuti lingkungan tersebut.

3. Ingat kembali saat anda merasa percaya diri

Percaya diri bisa dikatakan sebagai suatu perasaan. Jika kita pernah merasakannya sekali, maka tak mustahil untuk merasakannya lagi. Yang kita perlukan adalah mengingat kapan dan dimana kita pernah merasa percaya diri. Dengan mengingat kembali pada saat kita merasa percaya diri, akan membuat kita mengalami lagi perasaan itu dan membantu meletakkan kerangka percaya diri itu dalam pikiran.

4. Latihan

Percaya diri bukanlah suatu hal yang kita bawa sejak lahir. Ia merupakan suatu kemampuan yang baru dapat kita miliki jika kita sering menggunakannya. Oleh sebab itu, kapanpun kita ingin percaya diri, kuncinya adalah latihan sesering mungkin. Dengan kemampuan yang terlatih, kita tidak akan mengalami kesulitan menampilkan rasa percaya diri itu kapanpun dibutuhkan.

5. Kenali diri sendiri

Pikirkan segala hal tentang apa yang kita sukai berkenaan dengan diri sendiri, apakah itu tentang hobi, musuk favorit, masakan favorit, bacaan favorit dan lain sebagainya. Disamping itu, pikirkan juga segala hal yang kita ketahui bahwa kita dapat melakukannya dengan baik.

6. Jangan terlalu keras terhadap diri sendiri

Jangan terlalu keras mengkritik diri sendiri. Jadilah sahabat terbaik bagi diri kita. Biasakanlah melakukan pembicaraan yang positif, karena pembicaraan yang positif merupakan senjata yang terbaik untuk menaikkan rasa percaya diri. Jadi pastikan kita menanamkan kebiasaan ini. Satu hal yang penting adalah, jangan biarkan permasalahan orang lain membuat kita menjadi terpuruk.

7. Jangan takut mengambil resiko

Seseorang yang berani mengambil resiko pasti akan menemukan bahwa tindakan apapun yang diambilnya, mampu membuahkan rasa percaya diri. Tak ada yang lebih bermanfaat dalam menumbuhkan rasa percaya diri layaknya mendorong diri sendiri keluar dari zona aman. Dalam hal ini, dituntut kreativitas untuk melakukan hal-hal baru yang positif, walau apapun resiko yang mungkin akan muncul.

Dengan menjalankan ke tujuh langkah diatas, serta melatihkannya secara terus menerus, mudah-mudahan kita bisa memiliki rasa percaya diri yang tangguh. Selamat berusaha!!

*****

Referensi: dari berbagai sumber

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s