Tips Non Verbal Saat Wawancara

Tips Non Verbal Saat Wawancara

Oleh: Yusrizal, S.Pd.

Apakah saat ini anda sedang menunggu panggilan untuk tes wawancara kerja? atau pernahkan anda gagal mendapatkan pekerjaan gara-gara gagal dalam tes wawancara? Kegagalan dalam tes wawancara seringkali disebabkan karena kita kurang siap menghadapinya.

Ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan sebelum mengikuti wawancara. Salah satu yang penting yaitu kemampuan kita berkomunikasi non verbal dengan pewawancara. Hal itu berkaitan dengan bagaimana sikap kita, gerakan tubuh kita, kontak mata, ekspresi muka dan sebagainya, dalam wawancara. Berikut ini beberapa tips komunikasi non verbal dalam wawancara:

1. Sesekali lakukan kontak mata dengan lawan bicara selama beberapa detik.

2. Senyum dan anggukkan kepala pada saat-saat yang tepat di saat lawan bicara sedang berbicara, asalkan jangan berlebihan.

3. Jaga kesopanan dan nada bicara yang stabil. Jangan terlalu berisik, namun jangan juga terlalu pendiam.

4. Jangan membungkuk.

5. Pertahankan sikap rileks dan condongkan sedikit tubuh kearah lawan bicara untuk menimbulkan kesan bahwa anda terterik dan sedang memperhatikan.

6. Jangan bersandar. Sikap ini terlihat kurang sopan dan terlalu santai.

7. Pijakkan kedua kaki ke lantai dan punggung tegak lurus dengan sandaran kursi.

8. Konsentrasi, perhatikan dan tunjukkan ketertarikan

9. Dengarkan baik-baik.

10. Jangan menginterupsi.

11. Tetap tenang.

12. Jika canggung dengan posisi tangan, pegang pena atau buku catatan atau sandarkan tangan dibagian lengan kursi. Jangan berlebihan dalam menggerakkan tangan saat bicara.

13. Jangan lupa mengucapkan terima kasih atas waktu yang disediakan.

14. Hindari penggunaan bahasa slang seperti yo’i, dan sebagainya.

15. Bicara dengan penuh keyakinan dan jelas.

Komunikasi non verbal sangat membantu dalam menginterpretasikan arti pesan verbal. Komunikasi non verbal dapat memberikan penekanan, pengulangan, bahkan melengkapi informasi yang diberikan pada saat komunikasi verbal. Bahkan, komunikasi non verbal dapat menggantikan peran komunikasi verbal untuk menyampaikan informasi.

Untuk itu, bagi yang akan mengikuti wawancara, silahkan jadikan tips tersebut sebagai pedoman dalam melakukan wawancara.

*****

Dari berbagai sumber

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s