“TS’AI LUN” Sang Penemu Kertas

“TS’AI LUN”  Sang Penemu Kertas

imagesTahukah anda bahwa TS’AI LUN (“Cai Lun” menurut ejaan resmi Cina) merupakan penemu kertas. Dia hidup pada tahun  ± 105 Masehi. Namanya tidak familiar ditelinga kita. Bahkan di dunia barat, namanya diabaikan. Hal ini disebabkan karena namanya jarang disebut dalam buku-buku teks sejarah standar.

Tidak banyak yang diketahui soal kehidupan Ts’ai Lun. Catatan-catatan dari Cina menyebutkan bahwa dia merupakan seorang kasim. Karena penemuannya ini, dia menerima gelar kebangsawanan dan menjadi kaya raya. Namun karena intrik di dalam Istana, akhirnya ia mengalami kejatuhan. Setelah nama baiknya tercemar, Ts’ai Lun berinisiatif untuk mandi, mengenakan jubah terbaiknya, dan menenggak racun.

Sebelum kertas ditemukan, di Cina buku terbuat dari bambu. Akibatnya sangat berat dan sulit untuk dibawa kemana-mana. Disamping itu, ada juga buku yang ditulis di atas sutera, namun terlalu mahal untuk keperluan umum. Di dunia barat, buku ditulis di atas perkamen atau vellum yang dibuat dari kulit domba atau sapi yang diolah secara khusus. Material ini menggantikan papirus yang digemari oleh orang Yunani, Romawi dan Mesir. Tapi, baik perkamen maupun papirus, bukan hanya langka melainkan juga mahal dalam penyediaannya.

Begitu pentingnya penemuan kertas ini, oleh Michael H. Hart (penulis buku 100 orang yang paling berpengaruh di dunia sepanjang masa) menempatkan Ts’ai Lun pada urutan ke tujuh setelah Nabi Muhammad, SAW, Isaac Newton, Yesus Kristus, Budha, Konfusius dan Santo Paulus.

Sumber: Michael H. Hart: (100 orang yang paling berpengaruh di dunia sepanjang masa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s