Si Bapak yang mengalirkan air tergenang di jalan

Si Bapak yang Mengalirkan air tergenang di jalan.

Pagi ini seperti biasa sebelum ke kantor, penulis mengantarkan isteri dahulu ke sekolah tempat dia mengajar. Dalam perjalanan ke sekolah tersebut, penulis melihat suatu pemandangan yang menakjubkan. Karena semalam hari hujan, mengakibatkan beberapa ruas jalan tergenang air. Salah satunya adalah jalan menuju ke sekolah tempat isteri penulis mengajar. Penulis melihat seorang bapak lagi sibuk mengalirkan air yang tergenang di jalan. Kebetulan di kiri dan kanan jalan tersebut tumbuh rumput liar yang menghambat air untuk masuk ke selokan. Si bapak sibuk dengan cangkulnya membuat jalur agar air yang tergenang tersebut dapat mengalir ke selokan.

Pembaca yang budiman, mungkin bagi sebagian kita hal tersebut hanyalah masalah kecil yang sudah biasa kita lihat. Namun bagi penulis ada suatu hikmah yang dapat kita petik. Ternyata masih ada diantara kita yang memiliki nurani untuk berbuat kebaikan. Walaupun apa yang dilakukan oleh si bapak merupakan hal yang kecil, namun hal itu menghasilkan dampak yang luar biasa. Bayangkan saja seandainya kita lewat di jalan yang tergenang air. Kadang terpaksa kita membuka sepatu atau sandal. Belum lagi ancaman kecipratan air dari pengendara mobil dan motor yang seenaknya saja ngebut di jalan yang penuh dengan genangan air.

Penulis jadi ingat kata-kata yang disampaikan oleh para ustadz, bahwa bentuk kebajikan yang paling kecil adalah membuang duri atau benda tajam lainnya dari jalan. Menurut hemat penulis apa yang telah dilakukan oleh si bapak bisa kita samakan dangan hal tersebut. Dengan mengalirkan air yang tergenang di jalan, si bapak berarti telah menolong banyak orang yang melewati jalan itu. Dan itu merupakan suatu perbuatan yang pasti dihitung sebagai amal kebajikan yang akan dibalas oleh Allah SWT.

Saudaraku, kita patut berterima kasih kepada orang-orang seperti bapak itu. Mereka menunjukkan kepada kita betapa hal-hal kecil yang dilakukan, mampu memberikan kebaikan kepada orang banyak. Mereka membuka mata kita bahwasanya begitu luas ladang kebajikan yang dapat kita garap. Bersedekah, memberikan nasehat kepada orang yang mendapatkan masalah, menggembirakan hati orang yang ditimpa musibah, menjenguk teman yang sakit, dan lain sebagainya merupakan sebagian bentuk kebaikan yang dapat kita lakukan. Dan jangan lupa untuk selalu berterima kasih kepada orang-orang yang telah berbuat kebajikan kepada kita.

Oleh sebab itu, marilah kita senantiasa untuk berbuat baik kepada orang lain. Semoga Allah SWT membuka hati kita dan menguatkan kita untuk melakukannya.

Padang, 12 November 2009

Penulis.

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s