Kiamat Tahun 2012???

Kontroversi Kiamat Tahun 2012

(based Film 2012)

Saudaraku, belakangan ini, kita dihebohkan dengan isu kiamat yang akan terjadi tanggal 21 desember 2012. Beredarnya isu tersebut dilatar belakangi oleh di rilisnya film 2012 yang dibesut oleh Roland Emmerich. Film itu sendiri berkisah tentang kemungkinan terjadinya kiamat pada tahun 2012, berdasarkan ramalan yang dilakukan oleh bangsa Maya tentang retaknya Bumi. Ramalan yang ditulis oleh ahli nujum atau para normal dari bangsa Maya menyebutkan bahwa penanggalan akan selesai hanya pada 2012.

Sampai saat ini, penanggalan yang dibuat oleh bangsa Maya tersebut memang menjadi perdebatan. Perdebatan itu terjadi tidak hanya di kalangan ilmuwan, tetapi juga di dalam masyarakat luas. Ada yang percaya 2012 merupakan akhir dunia yang ditandai dengan terjadinya kiamat. Namun ada pula yang menolaknya.

Di Indonesia sendiri, isu kiamat yang akan terjadi tahun 2012 telah tersebar luas di masyarakat. Berbagai tanggapan muncul atas isu tersebut. Ada yang berpendapat bahwa itu bisa saja terjadi karena seringnya bencana alam yang terjadi di bumi ini. Hal ini berdasarkan kepada ilmu pengetahuan. Kita melihat betapa seringnya gempa bumi terjadi diberbagai wilayah di bumi termasuk di negara kita. Disamping itu, mencairnya es di kutub akibat pemanasan global menambah tinggi permukaan air laut. Hal inilah yang menurut mereka bisa memicu terjadinya bencana yang lebih luas, seperti tsunami dan gempa bumi yang lebih dahsyat lagi.

Namun lebih banyak masyarakat yang tidak mempercayai bahwa 2012 akan terjadi kiamat. Sebagai seorang muslim, kita memang diwajibkan percaya bahwa adanya hari kiamat. Hal itu merupakan salah satu dari Rukun Iman. Namun mempercayai bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012, merupakan suatu hal yang keliru, bahkan dapat menjerumuskan kita kepada kesyirikan. Kapan terjadinya kiamat, hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Bisa saja kiamat terjadi lebih cepat dari 2012. Wallahu a’lam. Jika Allah SWT menghendakinya, maka kun fayakun!!

Saudaraku, ada suatu hal yang menarik disini. Mengapa isu kiamat akan terjadi tahun 2012 muncul beriringan dengan dirilisnya film 2012? Menurut hemat penulis, ini adalah salah satu cara promosi yang dilakukan oleh pihak yang memproduksi film tersebut. Begitu gencarnya isu ini beredar dimasyarakat semakin menarik perhatian masyarakat untuk menonton film ini. Masyarakat dibuat penasaran sehingga ingin menyaksikan langsung film 2012 tersebut. Hasilnya tentu dapat ditebak. Peningkatan finansial dari hasil penjualan tiket.

Namun, film tetaplah sebuah film. Film 2012 yang dipenuhi dengan gambar-gambar yang cukup dramastis seperti terjadinya Tsunami dan bencana alam yang melanda semua daerah, merupakan suatu hal yang dapat menghibur pecinta film.  Film merupakan salah satu sarana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat yang jenuh dengan kegiatan sehari hari. Bahkan bagi sebagian kita, menonton film merupakan suatu hobi yang menyenangkan.

Namun dibalik itu, sebuah film tentu saja membawa pesan-pesan yang tersirat bagi penontonnya. Film 2012 ini, menurut penulis membawa beberapa pesan positif. Pertama, Film ini mengingatkan kembali kepada kita bahwa kiamat itu memang ada. Kiamat pasti akan terjadi. Jadikanlah film ini sebagai peringatan bagi kita bahwa kita tidak selamanya hidup. Suatu saat pasti ajal akan menjemput. Apakah itu dengan kematian kita? (kiamat kecil), atau dengan kiamat besar seperti yang digambarkan dalam film. Kedua, Mengingatkan kita akan dampak perubahan iklim yang terus terjadi, seperti mencairnya es di kutub yang menambah ketinggian air laut. Dengan demikian diharapkan ada langkah dari para ahli kita untuk memperlambat perubahan iklim tersebut. Mudah-mudahan dengan melihat film 2012 ini, masyarakat menyadari bahwa sudah waktunya melindungi bumi dari kerusakan lingkungan.

Lantas, kenapa pula masyarakat dilarang untuk menonton film 2012 ini? Bahkan MUI Malang mengeluarkan fatwa haram untuk menonton film ini, dengan alasan dapat merusak keimanan kaum muslimin. (republika online). Menurut penulis, masyarakat kita sudah cukup dewasa untuk menyadarinya. Masyarakat kita cukup cerdas untuk menyikapi pesan yang disampaikan oleh film tersebut.

Jadi kesimpulan penulis, silahkan tonton film tersebut, ambil pesan positifnya dan ingatlah bahwa kiamat merupakan suatu hal yang pasti akan mendatangi kita. Namun kapan terjadinya dan bagaimana terjadinya, hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Wallahu A’lam.

*****

Penulis

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s