10 Ucapan Dahsyat Orang Sukses (Bag. 1)

10 Ucapan Dahsyat Orang Sukses (Bag. 1)

by Yusrizal

Apakah Anda termasuk orang yang sukses? Atau inginkah Anda menjadi sukses? Atau apakah Anda sedang berusaha untuk sukses dalam kehidupan? Kita telah banyak melihat dan menyaksikan orang-orang yang  sukses. Tidak ada salahnya kita belajar kepada mereka tentang bagaimana kesuksesan itu bisa diraih.

Nah, salah satu hal yang perlu kita ketahui dari orang sukses yaitu bagaimana mereka dalam membina hubungan yang baik dengan orang-orang disekitarnya. Bagaimana mereka mempertahankan perilaku positif dan memberi dukungan kepada orang lain. Adalah Rich De Vos seorang pendiri Amway corporation  yang juga merupakan salah seorang yang sukses memberikan suatu pelajaran berharga kepada kita. Berdasarkan pengalamannya dalam memimpin Amway corporation, Rich De Vos menawarkan kepada  kita ada 10 ucapan sederhana tetapi mempunyai makna yang dahsyat dalam mengubah kehidupan. Sepuluh ucapan tersebut adalah:

1. “Saya Salah”

Barangkali ada diantara kita bertanya, mengapa ucapan “Saya Salah” merupakan ucapan pertama yang mampu membuat kita sukses? Mengakui kesalahan merupakan suatu hal yang berat. Tidak semua kita secara terbuka mampu dan mau mengakui kesalahan yang telah kita lakukan. Ketika kita melakukan suatu kesalahan, kebanyakan dari kita cenderung untuk mencari kambing hitam atau membuat berbagai alasan. Hanya sedikit dari kita yang mampu secara terbuka mengakui bahwa kita mengaku bersalah.

Melakukan suatu kesalahan merupakah suatu hal yang lumrah bagi kita manusia. Tidak ada seorang manusiapun yang sempurna, yang tidak pernah melakukan suatu kesalahan. Namun yang penting dari suatu kesalahan adalah bagaimana kita mau dan mampu untuk mengakui kesalahan dan tidak mengulang kesalahan tersebut. Seneca pernah mengatakan: “Berbuat kesalahan adalah manusiawi. Mengulang-ulangi kesalahan adalah perbuatan setan.”.  Nah, jika kita ingin menjadi sukses, maka ketika melakukan suatu kesalahan, biasakanlah berucap: “Saya Salah”.

2. “Saya Minta Maaf”

Ketika kita melakukan suatu kesalahan, mungkin saja telah menyinggung dan menyakiti seseorang. Ada kalanya kesalahan itu menimbulkan kemarahan bagi orang lain. Oleh sebab itu, disamping secara terbuka mengakui kesalahan yang telah kita perbuat, maka iringilah dengan permintaan maaf.  Ucapan “Saya minta maaf” merupakan perwujudan rasa menyesal kita karena telah melakukan suatu kesalahan kepada seseorang.

Kemampuan kita untuk mengucapkan permintaan maaf menunjukkan bahwasanya kita mampu melihat dari sudut pandang orang lain. Kita mampu merasakan dan berempati terhadap perasaan orang lain yang telah kita lukai hatinya. Dengan demikian hubungan yang baik dengan orang yang telah dilukai hatinya tetap terjaga.

3. “Kau bisa melakukannya”

Ucapan “kau bisa melakukannya” merupakan bentuk pemberian semangat kepada orang lain. Seorang ayah jika ingin melihat anaknya berhasil dalam suatu perlombaan, akan berkata: “ayo nak, kau pasti bisa melakukannya”. Seorang mahasiswa yang sedang menjalani ujian skripsi akan bertambah kepercayaan dirinya, jika sebelum ujian seorang sahabatnya berucap: “Ayo.. kamu bisa melaluinya dengan baik. Teruslah bersemangat”.

Ucapan yang ketiga ini erat kaitannya dengan pemberian motivasi. Begitu besarnya peranan motivasi bagi seseorang dalam menjalani kehidupan ini. Itulah sebabnya seseorang yang mampu memotivasi orang lain dalam kehidupan, dapat dikatakan sebagai orang yang sukses. Lihatlah Andrie Wongso dan  Mario Teguh,  mereka adalah motivator ulung yang mampu membangkitkan motivasi kita melalui ucapan dan tulisan-tulisan mereka.

4. “Saya yakin padamu”

Ucapan selanjutnya yang biasa diucapkan oleh orang-orang yang sukses adalah “Saya yakin padamu”. Ucapan ini, jika digabungkan dengan ucapan yang terdahulu, akan terasa lebih kuat dalam memotivasi seseorang. Bayangkan semangat yang dimiliki oleh seorang anak yang akan bertanding, jika sebelumnya sang ayah berkata: “ ayo nak, kau pasti bisa. Ayah yakin padamu. Ayah yakin dengan kemampuanmu.”

Ucapan ini bermakna bahwa kita meyakini kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Ketika seseorang merasa ragu dengan kemampuannya, maka pada saat itulah ia butuh sebuah dorongan. Ia memerlukan sebuah keyakinan dari orang lain bahwa ia bisa melakukannya.

5. “Saya bangga padamu”

Barangkali ucapan “saya bangga padamu” mempunyai makna yang hampir sama dengan ucapan-ucapan terdahulu. Ketiganya merupakan kalimat motivasi yang mampu membakar semangat orang yang dituju. Namun menurut hemat penulis, ucapan “saya bangga padamu” sedikit berbeda dengan yang sebelumnya. Ucapan ini biasanya diucapkan pada saat seseorang telah melakukan suatu keberhasilan. “Kau melakukannya dengan baik nak, ayah bangga padamu…” Begitulah ucapan sang ayah setelah anaknya berhasil memenangkan suatu perlombaan.

Ucapan “saya bangga padamu” merupakan suatu bentuk pengakuan kita terhadap prestasi yang telah diraih oleh seseorang. Ia merasa senang karena prestasi yang telah dicapainya dihargai dan diakui oleh orang lain. Dengan demikian timbul semangat dalam dirinya untuk mengulang prestasi yang telah dicapainya.

adapun 5 ucapan dahsyat lainnya, akan penulis bahas dalam tulisan berikutnya.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s