Hadapilah Permasalahan dengan Ketenangan

Hadapilah Permasalahan dengan Ketenangan

“Ketenangan adalah sumber kekuatan yang luar biasa”.

(Lao Tzu)

Setiap kita tidak akan lepas dari masalah. Secara sederhana masalah dapat diartikan tidak sesuainya antara harapan dengan kenyataan. Jika suatu permasalahan mendatangi kita, tentu saja kita akan berusaha menyelesaikannya secepat mungkin. Namun, bagaimana jika masalah yang datang itu begitu pelik dan kita belum menemukan solusinya? apakah yang sebaiknya kita lakukan? Mudah-mudahan kisah berikut ini dapat memberikan inspirasi bagi kita.

Suatu saat seorang tukang kayu sedang asyik bekerja. Secara tak sengaja arlojinya jatuh dan terbenam ke dalam tingginya tumpukan serbuk kayu. Arloji tersebut merupakan hadiah dari seorang sahabatnya, dan telah lama dipakainya. Karena begitu menyukai arloji tersebut, iapun berusaha untuk menemukannya kembali.

Sambil mengeluhkan keteledorannya, tukang kayu tersebut membongkar tumpukan serbuk kayu. Teman-temannya ikut pula membantu menemukan arloji tersebut. Namun setelah membolak-balik tumpukan serbuk kayu tersebut, arloji tersebut belum juga ditemukan.

Ketika jam istirahat tiba, semua pekerja pergi meninggalkan bengkel tersebut untuk makan siang. Tukang kayu yang kehilangan arloji tersebut, dengan lesu juga meninggalkan bengkel.

Saat itu datanglah seorang anak mendekati tumpukan serbuk kayu tersebut. Rupanya sudah sejak tadi dia memperhatikan mereka mencari arloji yang jatuh ditumpukan serbuk kayu. Anak itu lalu berjongkok dan mulai mencarinya. Tak berapa lama kemudian, ia berhasil menemukan arloji tersebut. Anak itu kemudian menyerahkan arloji tersebut kepada tukang kayu.

Alangkah gembiranya tukang kayu karena arloji kesayangannya ditemukan kembali. Ia berterima kasih kepada anak tersebut dan bertanya bagaimana ia bisa menemukannya. Padahal sebelumnya banyak orang yang membongkar serbuk kayu tersebut. Anak itupun menjawab: “ Saya hanya duduk tenang di lantai. Dalam keheningan itu saya bisa mendengar bunyi ‘tok-tak, tok-tak’. Dengan  itu saya tahu dimana arloji itu berada”.

***

Ketika kita mendapatkan masalah, kita ingin masalah itu cepat selesai. Tidak seorangpun ingin masalahnya berlarut-larut yang pada gilirannya dapat menghambat aktivitas. Namun, seringkali ketika masalah itu datang, kita belum memiliki jalan keluarnya. Hal ini terjadi karena peliknya masalah yang dihadapi.

Menghadapi suatu masalah pelik, alih-alih memikirkannya setiap saat ada baiknya sejenak kita lupakan masalah tersebut. “Duduklah dengan tenang dan buatlah secangkir teh”, demikian kata seorang bijak.

Lao Tzu, seorang filsuf China pernah berucap: “Ketenangan merupakan sumber kekuatan yang luar biasa”. Dalam suasana yang tenang dan nyaman, otak kita akan mampu berpikir dengan baik. Ketenangan memberikan kekuatan bagi otak untuk bekerja dengan baik. Berbagai alternatif untuk memecahkan masalah yang pelik tersebut, akan muncul dengan sendirinya dalam pikiran kita. Layaknya detak arloji yang terdengar di keheningan.

Oleh sebab itu ketika kita kehilangan akal dalam menghadapi suatu persoalan, maka jangan ambil keputusan apapun. Alih-alih mengambil keputusan yang tergesa-gesa, lebih baik tenangkan pikiran terlebih dahulu. Ketika saatnya tiba, pikiran akan memberikan jalan keluar yang efektif. Saat itulah waktu yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan.®

Melati, 14 Januari 2010

4 Comments

  1. Saat panik, memang kita tidak dapat berpikir jernih. Mengutip sebuah buku yang pernah saya baca, “Seven Habits”, itu saatnya kita untuk menekan tombol ‘pause’ di dahi kita dan berhenti sejenak. Agar dapat berpikir dengan jernih dan menyelesaikan permasalahan dengan baik tanpa perlu emosional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s