Mutasi dan Promosi

Promosi dan mutasi dalam pandangan saya bukanlah suatu hal baru dalam dunia kerja. Promosi dan mutasi diperlukan sebagai sarana untuk penyegaran dan pemulihan semangat kerja dan juga sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi kerja yang diraih karyawan/pegawai. Namun, promosi dan mutasi bukanlah suatu hal yang mudah diterima oleh seorang karyawan/pegawai. Suasana baru, kondisi kerja baru, rincian tugas yang baru, dan sebagainya merupakan tantangan tersendiri bagi karyawan/pegawai. Daya adaptasi seorang karyawan/pegawai tentu saja memegang peranan yang sangat penting. Di sisi lain, lingkungan kerja yang lama dengan rasa kekeluargaan yang telah terbentuk tentu terasa berat untuk ditinggalkan.

Terkait dengan hal tersebut, di suatu siang seorang bapak memberi nasehat kepada saya. Saat itu saya baru saja dipromosikan ke pekerjaan/Jabatan yang baru. Dia berbagi pengalamannya pada saat dimutasikan ke tempat kerjanya sekarang. Dia memberikan 3 tips sukses agar berhasil dl lingkungan kerja yang baru. Ketiga tips tersebut yaitu.

1. Ikhlas menerima. Bukankah ketika kita pertama melamar pekerjaan menyatakan bahwa kita bersedia di tempatkan dimana saja? Jadikan itu sebagai dasar pemikiran sehingga kita tidak merasa kecewa atas promosi dan mutasi yang kita terima. (kalau promosi, sih mendingan).

2. Memperdalam ilmu di bidang kerja yang baru. Jika tempat kerja yang baru memiliki kharakteristik pekerjaan yang sama, tentu saja tidak menjadi masalah bagi karyawan/pegawai yang dimutasi. Dia hanya perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru tanpa harus memikirkan deskripsi tugas yang tentu saja telah dipahaminya. Namun bagi mereka yang mendapat deskripsi tugas yang baru, tentu mereka harus mengenal dan mendalami lagi pekerjaan baru mereka disamping juga beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

3. Jadikan pekerjaan baru sebagai hobi. Nah, inilah yang sulit menurut saya. Hobi adalah sesuatu yang kita senangi untuk dikerjakan. Seorang yang hobi memancing, tak akan surut melakukan hobinya itu, biarpun terik matahari membakar kulit, atau derasnya hujan menusuk kulit. Jika pekerjaan baru telah kita kuasai, tentu akan lebih baik jika kita menjadikannya sebagai hobi, atau paling tidak kita merasa senang mengerjakannya dan tidak merasa dibebani mengerjakannya.

Demikian 3 tips sukses menghadapi mutasi dan promosi yang diberikan oleh bapak. Meskipun ringkas, namun sangat berguna bagi kita semua khusunya yang baru saja dipromosikan atau dimutasi. Mari kita selalu untuk saling menasehati untuk hidup yang lebih baik.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s