Kampung

Penulis dibesarkan di Sawahan, kec. Padang Timur, Kotamadya Padang, Sumatera Barat. Meskipun namanya sawahan, namun sekarang ini tidak lagi ditemukan sepiring petak sawahpun. Dahulu, waktu penulis masih kecil, memang disana banyak sawah. Penulis masih sempat bermain bola bersama kawan-kawan sehabis panen. Tiap musim layangan tiba, areal persawahan itupun dipenuhi oleh kami yang asyik bermain layangan.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, dan kemajuan kota Padang, sawah-sawah itupun mulai beralih fungsi. Sawah di timbun untuk kemudian dijadikan area pemukiman penduduk. Sekarang ini, sawahan menjadi salah satu pemukiman yang padat penduduk.

Penduduk yang tinggal disana berasal dari latar belakang yang berbeda. Umumnya merupakan pendatang dari luar kota padang, yang membeli tanah dan membangun rumahnya disana. Pekerjaan masyarakat disana juga beranekaragam, mulai dari PNS, Pedagang, Buruh bangunan dan sebagainya. Pedagang merupakan pekerjaan masyarakat yang paling dominan di sana.

Hal ini bukan lah suatu hal yang mengejutkan. Mengingat sawahan ini letaknya tidak jauh dari pasaraya Padang. Jika di ukur, kira-kira berjarak 1,5 km. Jalan Sawahan merupakan salah satu jalan utama yang ada di kota Padang. Jalan ini merupakan jalan penghubung bagi masyarakat yang tinggal di arah timur kota padang seperti, andalas, kuranji, pauh, lubuk begalung, lubuk kilangan,yang hendak menuju pasaraya atau pusat kota.

Jalan Sawahan,- juga dikenal dengan jalan H. Agussalim-,  terdapat gedung DPRD Kota padang. Gedung yang menjadi sasaran unjuk rasa, seandainya ada kebijakan pemerintah yang bertentangan dengan aspirasi masyarakat. Bisa dibayangkan betapa macetnya jalan sawahan, jika pada saat jam sibuk di jalan raya, juga terjadi aksi unjuk rasa di DPRD kota Padang.

Itulah sawahan… sebuah kelurahan yang sebelah barat berbatasan dengan tarandam, timur berbatasan dengan simpang haru, utara berbatasan dengan jati dan selatan berbatasan dengan ganting. Sawahan tanpa ada sepetak sawahpun disana….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s